Minggu, 14 April 2013

Pengertian ASET dan LIABILITAS




kali ini saya akan menjelaskan sedikit pengertian antara ASET dan LIABILITAS. tapi sebelumnya akan saya paparkan pemahaman kedua kata tersebut dalam dunia bisnis sehari-hari.

Sering kita mendengar dan mengalami ajakan orang untuk menanam modal berupa pembelian barang yang diperkirakan akan memberikan keuntungan untuk kita. seperti membeli rumah, invest emas, reksa dana dll...
tapi apakah kita tau investasi kita akan memberikan keuntungan yang kita harapkan ? adakalanya investasi kita menguntungkan dan adapula yang rugi bahkan tidak untung dan tidak rugi.

seperti membeli rumah untuk ASET [katanya]. jika kita membeli sebuah rumah yang akan dijadikan ASET maka rumah tersebut haruslah menguntungkan. bukannya malah mengeluarkan lagi modal kita berupa perbaikan rumah, bayar tukang, bayar listrik,tlp,keamanan sedangkan "ASET" rumah itu didiamkan atau dihuni oleh kita sendiri maka kita sendiri yang mengeluarkan biaya tersebut tetapi jika rumah tersebut dikontrakan maka kata "ASET" ini berlaku untuk rumah tersebut.

Kata ASET ialah sesuatu yang dapat menghasilkan atau menunguntungkan, banyak bentuknya dan jenisnya. segala bentuk atau hal yang dapat menghasilkan uang itulah ASET.
Kata LIABILITAS ialah  sesuatu yang dapat membuat kita mengeluarkan uang atau kebalikannya dari ASET.

terkadang ASET berubah menjadi LIABILITAS begitupula sebaliknya. itu ditentukan dari pemahaman dan pengaturan management kita sendiri. sebagai contoh : kita membeli sebuah mobil box, mobil tersebut kita rentalkan kepada orang sebulan 3 juta/bulan selama 2 tahun plus dengan perbaikan suku cadang [service] dibebankan kepada yang meminjam mobil tersebut. nah dalam jangka waktu 2 tahun tersebut mobil itu berupa ASET kita. ketika jangka waktu 2 tahun habis dan mobil tersebut dikembalikan kepada kita dan kita sulit atau tidak mendapatkan perental mobil maka beban perbaikan mobil tersebut menjadi beban kita, dan pada saat itu mobil box tersebut berupa LIABILITAS, karena kita perlu mengeluarkan uang untuk servis mobil tersebut tanpa adanya pemasukan/penghasilan uang dari mobil tersebut kepada kita. 

demikan hal yang bisa saya jelaskan. mudah-mudahan bermanfaat bagi anda yang membaca.

N Yudhi P
Penulis